Kamis 26 Oktober 2023, SMK Cinde Semarang bekerja sama dengan KASUBNIT BHABINKAMTIBMAS SATBINMAS POLRESTABES Semarang dan Dosen Psikolog UNIKA Soegijapranata, melaksanakan Seminar pencegahan tindak kekerasan dan perundungan (bullying) di lingkungan sekolah SMK Cinde Semarang. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik tentang pentingnya mencegah perilaku Perundungan Bullying.

Perundungan atau bullying adalah perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik, ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok. Perundungan dianggap telah terjadi bila seseorang merasa tidak nyaman dan sakit hati atas perbuatan orang lain padanya.

Perundungan bisa diibaratkan sebagai benih dari banyak kekerasan lain, misalnya: tawuran, intimidasi, pengeroyokan, pembunuhan, dll.

Sebagai benih kekerasan, bila perundungan bisa ditekan, maka kekerasan yang lebih parah akan bisa dicegah. Peran sekolah sebagai pendidik dan pengawas dapat menjalin interaksi timbal balik dengan orang tua. Melaporkan progres dan kondisi anak adalah rutinitas untuk memantau keberhasilan belajar dan pembentukan karakter.