Jum’at, 27 Oktober 2023, SMK Cinde Semarang mengadakan kegiatan Seminar Penguatan Budaya Kerja Industri yang bekerjasama dengan Guru SMK N 1 Gondang Sragen. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari Bapak Ibu Guru dan Siswa-siswa SMK Cinde Semarang .

Budaya kerja merupakan sebuah konsep yang mengatur kepercayaan, proses berpikir, serta perilaku karyawan yang didasarkan pada ideologi dan prinsip suatu organisasi. Budaya kerja tidak akan muncul dengan sendirinya, tetapi dibentuk dengan melalui proses terkendali yang melibatkan sumber daya manusia beserta seluruh perangkat pendukungnya.

Adanya 5R dalam budaya kerja (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin)  Sering di gunakan perusaahan untuk menumbuhkan disiplin kerja yang tinggi. Pemanfaatan budaya kerja di lingkungan sekolah dapat  membentuk karakter siswa dan siswi  ke sekolah ini agar siap terjun ke dunia Industri “

Pengembangan penguatan budaya kerja bagi peserta didik di SMK Cinde Semarang merupakan aspek penting dalam menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan berhasil dalam pekerjaannya. Peserta didik di SMK Cinde Semarang harus dipersiapkan untuk menghadapi kondisi dan tantangan dari dunia usaha, dunia industri dan kerja (DUDIKA). Lingkungan tempat bekerja berbeda dengan lingkungan sekolah, sehingga di sekolah diperlukan adanya penguatan budaya kerja.